Pengumuman


Seturut dengan surat pemberitahuan mengenai hasil rapat koordinasi keuangan, untuk tertib administrasi keuangan dan akademik Univ.Tarumanagara, mulai semester Ganjil 2013/2014, seluruh mahasiswa Univ.Tarumanagara wajib melaksanakan pembayaran uang kuliah dengan sistem auto debet.

Berita


Pengumuman Hasil USM PSMP periode Juli 2013 Pengumuman Hasil USM PSMP periode Juli 2013

PENGUMUMAN

HASIL UJIAN SARINGAN MASUK PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Program Studi Magister Psikologi Universitas Tarumanagara

Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014

Juli 2013

Pengumuman Hasil USM PSMP Periode Juni 2013 Pengumuman Hasil USM PSMP Periode Juni 2013

PENGUMUMAN

HASIL UJIAN SARINGAN MASUK PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Program Studi Magister Psikologi Universitas Tarumanagara

Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014

Sabtu. 01 Juni 2013

Pelantikan ke 15 Psikolog Pelantikan ke 15 Psikolog

Sebanyak 15 mahasiswa Magister Psikologi Program Profesi resmi dilantik menjadi psikolog pada hari Jumat, 10 Mei 2013, bertempat di Auditorium Gedung Utama Kampus I Universitas Tarumanagara (UNTAR) dalam Pelantikan ke-15 Psikolog. Upacara pelantikan psikolog adalah upacara yang penting bagi para lulusan Magister Psikologi Program Profesi, karena dengan mengikuti upacara ini, mereka mengucapkan Sumpah/Ikrar Psikolog, dan secara resmi menerima Surat Sebutan Psikolog yang merupakan salah satu syarat pengurusan izin praktik psikologi.

Artikel


Teori Hope: Sebuah Teori Psikologi yang Belum Banyak Dikenal (Elvina Pekasa) Teori Hope: Sebuah Teori Psikologi yang Belum Banyak Dikenal (Elvina Pekasa)

Sebagai prolog, saya meminta anda untuk berfikir sejenak. Saat anda membaca tiga pernyataan setelah ini dan ada seseorang yang tiba-tiba terlintas di kepala anda yang sesuai dengan pernyataan tersebut, maka anda harus menjawab “ya” dalam pikiran anda. Pernyataan pertama, saya memiliki kenalan yang memiliki tujuan yang luar biasa namun tidak pernah mencapainya. Kedua, saya memiliki kenalan sudah yakin dengan tujuannya, melakukannya, namun berhenti di tengah jalan. Ketiga, saya memiliki kenalan yang hampir selalu sukses mencapai tujuannya. Jika anda memiliki dua atau tiga jawaban “ya” dalam pikiran anda, pernahkah anda berpikir apa yang membedakan mereka? kenapa seseorang sukses sedangkan yang lain gagal padahal mereka sama-sama memiliki tujuan?

PSYCHOLOGICAL CAPITAL (Christy) PSYCHOLOGICAL CAPITAL (Christy)

Psychological capital berasal dari dua kata, yaitu psychological yang berarti psikologis dan capital yang berarti modal. Kalau dua kata ini digabung, akan membentuk suatu kosakata, yaitu modal psikologis. Modal psikologis tersebutlah yang dapat mengembangkan diri seseorang. Kabar baiknya, psychological capital merupakan sebuh state yang dapat dilatih dan dimiliki semua orang. Psychological capital terdiri dari empat poin penting, yaitu self-efficacy, optimism, hope, dan resiliency. Ketika bergabung menjadi satu, keempat poin tersebut memiliki hubungan yang positif dengan perilaku organisasi yang baik (Luthans, 2011).

Bedah Buku, Saya, Ayah dan Tragedi 1965 Bedah Buku, Saya, Ayah dan Tragedi 1965

BEDAH BUKU

“KENANGAN TAK TERUCAP; SAYA, AYAH DAN TRAGEDI 1965”

Oleh :

Sawitri Supardi Sadarjoen

 

Selesai membaca buku ini, tanpa sadar saya berdecak kagum, luar biasa, sosok Nani adalah sosok manusia yang bernalar kuat, yang sekaligus mampu mengintegrasikan nalar dan  rasa dalam seluruh tulisannya tentang kenangan tak terucap : Saya, Ayah dan Tragedi 1965, sebagai suatu keutuhan hasil tulisan yang terasa massif, berbobot dan mengandung uraian yang menyentuh esensi HAM.

Kemampuan dalam mengungkap data, fakta, pengalaman dan penghayatan batin, baik secara psikofisik, sosial, historis dan spiritual benar-benar menunjukkan daya analisis-sintesis yang tajam, pilihan kata dan untaian kalimat yang hidup,  membuat para pembaca seolah mendapat stimulans kuat bagi kebangkitan  kesadaran akan kebangsaan, kemanusiaan serta pentingnya membangun simpati, empati dan sikap saling menghormati, yang pada saat belakangan ini terasa semakin kelam, bahkan hampir  sirna.

 

Kegiatan Terbaru

  • Friday, December 13 2013 Temu Ilmiah Nasional 3

     

    Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat dari tahun ke tahun tentunya akan memiliki dampak kepada semua penggunanya. Baik dampak positif maupun negatif. Pada saat seseorang ingin mendapatkan infomasi, dalam hitungan detik, informasi yang dibutuhkan langsung didapatkan. Akan tetapi, informasi yang cepat tersebut juga tidak menutup kemungkinan setiap pengguna teknologi tersebut dapat mengakses infomasi yang negatif.

     

  • Saturday, September 7 2013 Workshop Musik Terapi

    Music intervention merupakan aktivitas terapi dengan menggunakan musik guna memperbaiki kondisi fisio-psikologis individu. Melalui aktivitas musikal, proses belajar dapat ditingkatkan. Intervensi musik merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan dan layak dipahami orangtua dan guru dalam pengembangan pendidikan anak agar mereka lebih mampu meningkatkan prestasi di sekolah. 


  • Saturday, August 31 2013 Seminar

    Menjadi orangtua adalah peran besar dan mulia yang Tuhan berikan kepada manusia. Orangtua mengemban tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dalam mengasuh dan membesarkan anak.

Akademis